Sejarah

post

Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Perberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Wajo Audiensi dengan Bupati Wajo H Amran Mahmud, para pendamping desa,  didampingi Kadis PMD Kabupaten Wajo Syamsul Bahri Senin 15, April 2019 di Ruang kerja  Kantor Bupati Wajo.


Tenaga ahli pendamping desa menyampaikan garis besar tugas dan peran mereka dalam mengawal penyelenggaraan pemberdayaan desa di Kabupaten Wajo. Disamping itu juga melaporkan progres perkembangan pengelolaan keuangan desa dan rencana pendampingan ke depan.


Bupati wajo meminta kepada para pendamping desa, baik Tenaga Ahli (TA), Pendampong Desa  (PD), maupun Pendaping Lokal Desa (PLD) untuk fokus mendampingi desa sesuai tugas pokok dan fungsi mereka selaku pendamping desa. 


H Amran mahmud mengharapkan agar para pendamping desa mengawal program di desa agar senantiasa sejalan dengan arah kebijakan pemerintah Kabupaten.


"Saya minta kepada saudara saudara pendamping desa untuk fokus mendampingi desa, serta mengawal setiap program desa mulai dari perencanaan, pemanfaatan/pelaksanaan sampai pertanggungjawabannya. agar program desa senantiasa sinkron dengan visi misi dan program prioritas kita", harap Amran Mahmud.


Ada beberapa program prioritas dan kerja nyata yang perlu disinkronkan dan disesuaikan dengan program di desa, antara lain; peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat desa melalui pemberian beasiswa pendidikan agama dan program Gerakan masjid cantik (gemantik), pengembangan sistem pertanian terpadu, pengelolaan sampah berbasis pemberdayaan masyarakat desa, peningkatan kesejahteraan pegawai syara', serta beberapa program prioritas lainnya yg sejalan dengan RPJMD dan arah jebijakan pemerintah kabupaten. Pemerintah desa juga harus bekerja kreatif dan inovatif dengan mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan profesional serta melibatkan partisupasi masyarakat", Jelasnya.


Khusus  program beasiswa berbasis agama, telah diadakan penandatanganan MOU antara pemerintah kabupaten dengan Rektor IAI Asadyah sebagai penyelenggara. Dan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama dengan seluruh desa di Kab Wajo serta diinplementasikan melalui pengalokasian anggaran pada APBDesa 2019 masing masing desa.


Kepala dinas PMD Kabupaten Wajo, Syamsul Bahri menyampaikan rasa terima kasihnya telah dilaksanakan audiensi tersebut, dengan harapan semoga seluruh pendamping desa senantiasa selalu dan tetap bersinergi dengan pemerintah kabupaten dalam mengawal dan membantu desa.


"Segenap pendamping desa adalah mitra kami dlm memberikan pendampingan kepada desa, untuk itu saya berharap kita tetap bersinergi, termasuk bagaimana bersinergi mengawal kebijakan bapak bupati", harapnya saat audiensi.

  • Tags:
  • Share: