Profil Bupati Wajo

Profil Bupati Wajo

 

Latar Belakang Drs.H.A.Burhanuddin Unru,MM

Sosok Bupati Wajo yang bernama lengkap Drs.H.ANDI BURHANUDDIN UNRU, M.M terlahir dari keluarga sederhana di Dusun Salompare'E Desa Padaelo Kecamatan Sajoanging (Sekarang Kec.Penrang)  pada tanggal  21 Desember 1949 silam. Beliau merupakan anak kedua dari pasangan (Alm) H.A.Unru dan Hj.Andi Sitambolo, sedangkan saudara tertuanya yang bernama Andi Sangiang lahir pada tahun 1947.

Almarhum H.A.Unru sebelum berkarir di militer adalah seorang juru tulis di distrik Wajo. Akan tetapi karena naluri jiwa patriot beliau meninggalkan pekerjaannya dan memilih berkarir di militer berselang beberapa tahun setelah kelahiran Andi Burhanuddin Unru. (Alm) H.A.Unru akhirnya menjadi seorang perwira tinggi di TNI dengan pangkat terakhir adalah Brigadir Jenderal.

Selain pernah menjabat Kasdim, Dandim dan beberapa jabatan strategis di TNI, almarhum Brigjen Purn H.A.Unru juga pernah menjabat sebagai Bupati Wajo ke-V. Masa pemerintahannya sebagai Bupati Wajo dari tahun 1967 – 1978. Almarhum merupakan sosok yang disiplin , penuh perhatian , cinta kasih dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Karakter seorang prajurit yang disiplin, tegas dan berwibawa rupanya menurun kepada sosok sang anak. Sosok Andi Burhanuddin sapaan akrab Drs.H.A.Burhanuddin Unru ,MM masa kecilnya lebih banyak dihabiskan di desa bersama dengan saudara tertuanya (Alm) Andi Sangiang. Sementara kesembilan adik-adiknya memilih untuk tinggal di kota bersama sang ayah.

Sebagai anak laki-laki tertua (anak ke-2 dari 11 bersaudara), Andi Burhanuddin merupakan tumpuan harapan keluarga. Sebagai anak seorang penguasa kala itu tak membuat dirinya lantas menyombongkan diri dan berbangga hati. Tetapi beliau menjalani kehidupan masa kecilnya layaknya anak desa pada umumnya. Hingga Andi Burhanuddin kecil memasuki usia sekolah dasar dan melanjutkan pendidikannya di SD Negeri 3 Sengkang.

Masa Kecil dan remaja hingga Berkeluarga

Pada masa sekolah, Andi Burhanuddin Unru dikenal oleh teman-temannya sebagai sosok yang cerdas dan cekatan. Menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 3 Sengkang dan tamat pada tahun 1962. Selanjutnya, melanjutkan pendidikan ke bangku SMP Negeri Sengkang hingga tahun 1965, sebelum akhirnya hijrah ke Makassar melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Makassar dan tamat pada tahun 1968.

Usai tamat di SMA, pada tahun 1969 Andi Burhanuddin Unru pun melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin , hingga akhirnya dipertemukan dengan gadis pilihannya Andi Faikah, seorang putri dari salah seorang ulama ternama yakni KH.Syamsuddin Badar yang juga adalah Ketua Yayasan As’Adiyah pada waktu itu. Tak terelakkan lagi, atas restu kedua orang tua mereka pun menikah pada tanggal 7 Maret 1970.

Hingga kini telah dikaruniai 8 orang anak masing-masing adalah Andi Fadilah Burhanuddin,SE yang dilahirkan pada 1 Mei 1971, anak kedua bernama Andi Nelal Huda yang dilahirkan pada tanggal 23 Mei 1972, selanjutnya anak ketiga bernama Andi Hidayati yang lahir pada 3 Desember 1973. Dikaruniai 3 orang puteri, pasangan Andi Burhanuddin Unru dan Faikah merasa belum lengkap tanpa hadirnya seorang putera. Berkat Rahmat dan Ridho Allah SWT , tepatnya pada tanggal 14 Januari 1976 pasangan Andi Burhanuddin Unru dikaruniai seorang putera laki-laki mungil yang kemudian diberi nama Andi Muhammad Baso Iqbal.

Berselang 2 tahun kemudian, pasangan tersebut kembali dikaruniai seorang anak laki-laki dan kemudian diberi nama Andi Fahrul Rijal (5 Oktober 1978). Hingga memasuki usia 31 tahun, karunia Allah SWT tak pernah berhenti dan mengaruniai pasangan tersebut seorang bayi perempuan dan diberi nama Andi Tenrijaja yang lahir pada tanggal 1 Januari 1980, Andi Nurani yang lahir pada tanggal 20 Pebruari 1983 serta anak bungsu yang juga seorang perempuan yang bernama Andi Mudira Ulya(6 Maret 1988) . Sehingga akhirnya pasangan Andi Burhanuddin Unru dan Andi Faikah memiliki anak yang berjumlah 8 orang.

Suatu keluarga yang besar yang dikarunia oleh Allah SWT.

Share:

Tags:

Leave a Comment