1. Home
  2. Berita

  3. Upaya Kembalikan Kejayaan Sutera, Gubernur Sulsel Lakukan Penanaman Murbei di Wajo

Upaya Kembalikan Kejayaan Sutera, Gubernur Sulsel Lakukan Penanaman Murbei di Wajo

   Admin Wajokab Senin, 08 Mei 2023, 10:35:57 WITA (341 kali dibaca)


Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman kembali menunjukkan dukungannya dalam rangka pengembalian kejayaan sutera di Sulsel, khususnya di Kabupaten Wajo.

Dukungan tersebut berupa pemberian bantuan bibit murbei untuk Kabupaten Wajo melalui bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di tahun 2023 ini. 

Sebagai wujud keseriusan, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Bupati Amran Mahmud, Wakil Bupati, Amran serta Forkopimda dan Kakan Kemenag Kabupaten Wajo melakukan Penanaman Murbei Bantuan Keuangan  Prov Sulsel di Desa Ujunge, Kecamatan Tanasitolo, Kamis (4/4/2023). 

Selain wujud keseriusan dukungan Gubernur Sulsel, Penanaman Murbei ini juga menjadi rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Wajo ke-624 tahun 2023 ini. 

Andi Sudirman Sulaiman membenarkan bahwa bantuan murbei melalui bantuan keuangan pemprov sulsel ini untuk membantu mengembalikan kejayaan sutera di Sulsel.

"Jadi tahun ini kita kembali serahkan bantuan keuangan untuk pengadaan 1 juta pohon bibit murbei untuk Kabupaten Wajo. Kenapa Murbei, karena murbei ini adalah pakan dari ulat sutera yang nantinya akan menjadi kokon ulat sutera yang nantinya diolah menjadi sutera," ucap Andi Sudirman Sulaiman usai melakukan penanaman murbei.

Andi Sudirman Sulaiman melanjutkan bahwa untuk mengembalikan kejayaan sutera itu tidak bisa dengan disebut-sebut saja, jadi harus dilakukan penanaman.

"Apalagi dibutuhkan kokon yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan mesin pemintal tercanggih yang ada di Desa Pakkanna," jelasnya.

Sementara, Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Sulawesi Selatan atas dukungannya dalam hal pengembangan sutera di Sulsel, khususnya di Kabupaten Wajo.

"Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wajo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Gubernur bersama jajaran Pemprov Sulsel atas dukungannya dalam mengembalikan kejayaan Sutera di Kabupaten Wajo," ucapnya.

Ketua ICMI Wajo ini juga dengan  adanya bantuan keuangan Pemprov Sulsel akan menarik minat masyarakat untuk turut bersama-sama dalam budidaya murbei dan ulat sutera."Sehingga, dengan kolaborasi dan sinergitas, pengembalian kejayaan sutera Sulsel, khususnya di Wajo bisa terwujud lebih cepat," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

Berita Populer

Survey

Bagaimana Layanan Informasi Kami?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang Baik


Video Terbaru

View All Video