1. Home
  2. Berita

  3. Terimakasih Bupati Wajo Mewakili Masyarakat Wajo Untuk Presiden Jokowi

Terimakasih Bupati Wajo Mewakili Masyarakat Wajo Untuk Presiden Jokowi

   Admin Wajokab Jumat, 10 Sep 2021, 07:37:55 WITA (111 kali dibaca)


WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo dan masyarakat pada umumnya patut berbangga. Salah satu proyek infrastruktur di Bumi Lamaddukelleng diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana, beserta deretah tokoh nasional mengunjungi Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Kamis (9/9/2021), untuk peresmian Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng.

 

Untuk momen spesial ini, Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi. Begitu juga kepada tamu kehormatan lainnya yang turut mendampingi.

 

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam peresmian ini adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, dan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

 

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden atas peresmian Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng," tutur Amran Mahmud.

 

Di hadapan Presiden Jokowi, Amran Mahmud juga berharap Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng bisa memberikan banyak manfaatkan, baik untuk pemerintah maupun masyarakat luas, khususnya di sektor pertanian.

 

"Semoga bisa meningkatkan produksi dan mendukung pertanian kami di Wajo. Apalagi salah satu program unggulan kami, yaitu pertanian terpadu," ucap Amran Mahmud.

 

Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng yang dibangun sejak 2015 dan telah dilengkapi dengan bendung irigasi. Diyakini akan mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional.

 

Bendungan Paselloreng menelan biaya Rp771 miliar dan sudah dilengkapi dengan bendung irigasi yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional.

 

Bendungan Paselloreng merupakan bendungan dengan kapasitas daya tampung yang cukup besar hingga 138 juta meter kubik dan luas genangan sebesar 1.258 hektare. Dengan daya tampung itu, diyakini akan mampu mengairi 8.500 hektare sawah dan meningkatkan frekuensi tanam para petani sekitar.

 

Selain itu, bendungan ini dinilai akan memberikan manfaat lain bagi masyarakat sekitar bendungan. Mulai dari ketahanan air, reduksi banjir Sungai Gilireng sebesar 489 meter per detik, dan menyediakan air baku 145 liter per detik bagi enam kecamatan di Wajo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *